Kewirausahaan X (Pengertian Kewirausahaan Dalam Pengelolaan Limbah Bekas)

Nama Guru : rozaris (aris)

Mata Pelajaran : Kewirausahaan

Kelas : X

Pertemuan : ke-1

CP : Peserta didik mampu membuat produk kerajinan berbahan limbah bekas. Pada tahap ini peserta didik mampu mengevaluasi dan memberikan saran terhadap produk kerajinan bedasrkan dampak limgkungan, budaya atau teknologi tepat guna.

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi karya kerajinan limbah bekas bedasarkan ketersediaan sumberdaya alam yang tersedia

2.  Peserta didik dapat menyajikan hasil analisis sikap dan prilaku wirausaha kerajinan dari limbah bekas

Media Pembelajaran : PPT/LCD, Wireless Laser Pointer, Buku Cetak

Metode Pembelajaran : Menjelaskan materi, games tanya jawab seputar apa yang telah dibahas, memberikan tugas pembuatan kerajinan dari bahan limbah bekas

Materi : kerajinan dan kewirausahaan




    1. Upaya pelestarian lingkungan 
    Karena butuh 500 Tahun untuk sampah plastik itu terurai dengan sendiri nya. Kenapa tidak dari            sampah plastik yang kita buang itu gak kita ubah aja jadi sesuatu yang bernilai jual contoh nya botol     minum plastik (Kita bisa buat jadi bunga plastik)
    
    2. Potensi Ekonomi
    Membuka lapangan pekerjaan, yang kita tau jumlah pengangguran di indonesia itu menyentuh 7,86        juta jiwa dengan kita bisa menentukan hasil limbah itu, kita bisa membuka lapangan pekerjaan

    3. Pendidikan Masyarakat
    Artinya disini masyarakat itu belajar Penting nya menjaga ekosistenn alam dari dampak yang                ditimblukan membuang sampah sembarangan




    1. Perencanaan 
    Perencanaan adalah langkah awal dalam membuat bisnis, Bayangkanjika tidak memiliki rencana            bisnis kita akan terombang - ambing dalam menentukan bisnis kita
    Contoh : membuka bisnis toko pakaian
    
    2. Pengumpulan Bahan
    Mengidentifikasi jenis bahan apa yang akan kita beli untuk jenis usaha kita
    Contoh : membuka usaha kue

    3. Proses Produksi
    Setiap perusahaan harus menjamin memproduksi dari apa yang mereka jual
    Contoh : garam

    4. Pemasaran : Sosmed (Tiktok, Instagram, Facebook)

    

    Analisis Pasar 
    Arkeolog = Menggali data apa yang dibutuhkan konsumen sehingga kita bisa memahami siapa target     pasar kita, analisis pasar juga ngebantu untuk memahami pesaing, dan agar produk kuta bisa terlihat     berbeda atau memiliki ciri khas
















Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama