Nama Guru : rozaris (aris)
Mata Pelajaran : Kewirausahaan
Kelas : X
Pertemuan : ke-1
CP : Peserta didik mampu membuat produk kerajinan berbahan limbah bekas. Pada tahap ini peserta didik mampu mengevaluasi dan memberikan saran terhadap produk kerajinan bedasrkan dampak limgkungan, budaya atau teknologi tepat guna.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi karya kerajinan limbah bekas bedasarkan ketersediaan sumberdaya alam yang tersedia
2. Peserta didik dapat menyajikan hasil analisis sikap dan prilaku wirausaha kerajinan dari limbah bekas
Media Pembelajaran : PPT/LCD, Wireless Laser Pointer, Buku Cetak
Metode Pembelajaran : Menjelaskan materi, games tanya jawab seputar apa yang telah dibahas, memberikan tugas pembuatan kerajinan dari bahan limbah bekas
Materi : kerajinan dan kewirausahaan
1. Upaya pelestarian lingkungan
Karena butuh 500 Tahun untuk sampah plastik itu terurai dengan sendiri nya. Kenapa tidak dari sampah plastik yang kita buang itu gak kita ubah aja jadi sesuatu yang bernilai jual contoh nya botol minum plastik (Kita bisa buat jadi bunga plastik)
2. Potensi Ekonomi
Membuka lapangan pekerjaan, yang kita tau jumlah pengangguran di indonesia itu menyentuh 7,86 juta jiwa dengan kita bisa menentukan hasil limbah itu, kita bisa membuka lapangan pekerjaan
3. Pendidikan Masyarakat
Artinya disini masyarakat itu belajar Penting nya menjaga ekosistenn alam dari dampak yang ditimblukan membuang sampah sembarangan
1. Perencanaan
Perencanaan adalah langkah awal dalam membuat bisnis, Bayangkanjika tidak memiliki rencana bisnis kita akan terombang - ambing dalam menentukan bisnis kita
Contoh : membuka bisnis toko pakaian
2. Pengumpulan Bahan
Mengidentifikasi jenis bahan apa yang akan kita beli untuk jenis usaha kita
Contoh : membuka usaha kue
3. Proses Produksi
Setiap perusahaan harus menjamin memproduksi dari apa yang mereka jual
Contoh : garam
4. Pemasaran : Sosmed (Tiktok, Instagram, Facebook)
Analisis Pasar
Arkeolog = Menggali data apa yang dibutuhkan konsumen sehingga kita bisa memahami siapa target pasar kita, analisis pasar juga ngebantu untuk memahami pesaing, dan agar produk kuta bisa terlihat berbeda atau memiliki ciri khas